Find us on Google+ CARA MUDAH EDIT PCM KORG PA600 - SAMPLING GRATIS KORG PA600-PA800-PA3x-PA900-PA4X-YEP EXPANSION,ADELLA,KEMPUL JAIPONG PALLAPA -->

CARA MUDAH EDIT PCM KORG PA600

 Maaf sebelomya,Ini postingan temen saya Ancha Jie Kodhong di Forum sebelah,Dengan tidak mengurangi sedikit apapun isinya:

Sekedar Ingin berbagi untuk teman2 khusunya Pengguna KORG PA600 versi apa saja....
Seiring perkembangan dunia per-keyboard-an. Sampling adalah suatu terobosan yang sebenarnya sudah usang.. korg Pa80 aja yang udah renta sudah sampling.
yang jadi masalah sekarang Korg Meluncurkan PA600 yang satu2nya keyboard Masa kini (Khusus Korg) yang punya fitur sampling tapi tidak bisa bikin sampling sendiri.
Wah, tentu terikat dengan sampling pemberian teman, atau buatan pabrik. pasti ingin punya sampling kreasi sendiri juga. misalnya suara kentut. suara botol pecah. bass. sound gitar listrik sesuai selera sendri. dll

Sebelumnya sy mohon Maaf, kita sama2 belajar dalam hal ini, saya juga awam soal komputer. Sy bukan sok tahu, sy cuma mau berbagi dengan teman2 khususnya pengguna Korg Pa600, dimana merasa kurang
puas dengan Pa600nya karena tidak bisa bikin sampling sendiri. Jujur Sy katakan, bahwa sy pribadi telah

menganggap KORG adalah Keyboard terbaik di seantero jagad ini, mulai kwalitas sound,OS dan fitur2 lainnya, termasuk full backup factory data,settingan dll.

Nah, mari kita bahas tentang PCM khusus Korg.
PCM untuk korg sebenarnya basicnya raw wav. cuma terpart sesuai perintah dari KMP yang berfungsi sebagai mapping, wav yang tadinya satu2 jadinya berkelompok seperti tercompress (rar) maka jadilah PCM. untuk persisnya, saya masih ingat dulu file pendukung aplikasi symbian OS, yaitu *.mbm . dimana bila diextract dengan software terntentu, ternyata semua isinya cuma gambar biasa yang berextensi bmp.

Lebih jauh tentang PCM khusus korg ini, setelah sy pelajari adalah raw wav yang ber :

Format = Raw data 16bit Motorola pcm (MSB,LSB).
Sample rate = 44100
Channel = Mono
Res = 16 bit

dengan bekal yang diatas sy berhasil membuat puluhan pcm editan sendiri buat Pa600 saya tanpa bantuan dari Korg versi diatasnya. Meski dengan berbagai keterbatasan, seperti durasi, pengaturan loop pada multisampler. Nama2 sampingnya (tapi sy gunakan HEX editor, sehingga bisa direname).
bahkan editingnya saya pakai program yang cukup tua "Adobe Audition versi 1.00".

VIDEO TUTORIAL EDITING PCM SEMENTARA PROSES PEMBUATAN...

Sekarang PA600 sy berisi :
1.Indo Version Versi 3 dari wwmusik.com (saya buang yg tidak berguna buat sy, krn etnis sy BUGIS)
2.Berberapa Custom Drum dan Multisampler sesuai kebutuhan Musik daerah sy (Bugis) asli buatan/editan sendiri.
3.Factory Style dari KORG Pa900
4.Factory Sound (sebagian dari PA3X dan PA900). tentu tidak bisa banyak karena harus dengan PCMnya. banyak makan memory,. kasihan, cuma 96mb,
5.Puluhan Sound DNC, grand piano, gitar, Sax, flute, dll, tentu dgn PCM masing2...
6.Puluhan SFX Sound dari Mas Gudeal Pujangga.
dengan muatan diatas, memory tersisa tinggal 9MB.

Kapan2 sy upload videonya sebagai bukti...
Buat teman2 pengguna Korg PA600, jika anda mengerti apa yang saya tulis diatas, silahkan berkreasi sendiri dengan Pa600 Anda.

Saya setuju, kalau pihak Korg meluncurkan Software PCM maker buat PA600. supaya tidak capek2 bikin sampling sendiri yang lama dan ribet.
tapi akankah bisa?? mengingat cuma Korg PA600 sj yang tidak bisa bikin own sampling, bahkan versi korgpa800 keatas, sudah banyak program komputer untuk bikin samplingnya.

Related Posts